1.
KETENTUAN
PESERTA TINGKAT SMA/SMK/MA
1.
Peserta adalah siswa
atau siswi SMA/SMK/MA, dan Mahasiswa yang merupakan perwakilan sekolah masing –
masing.
2.
Persyaratan pendaftaran
yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
a.
Mengisi formulir
pendaftaran.
b.
Mengumpulkan fotokopi
kartu identitas siswa (2 lembar) per - orang.
3.
Setiap kelompok terdiri
dari 3 siswa.
4.
Tiap sekolah tidak
dibatasi mengirimkan delegasi peserta.
5.
Pendaftaran dibuka
hanya untuk 24 (dua puluh empat)
tim peserta pendaftar
pertama.
II. KETENTUAN PESERTA TINGKAT MAHASISWA
1.
Peserta adalah
Mahasiswa yang masih aktif.
2.
Persyaratan pendaftaran
yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
c.
Mengisi formulir
pendaftaran.
d.
Mengumpulkan fotokopi kartu
tanda Mahasiswa (2 lembar) per - orang.
3.
Setiap kelompok terdiri
dari 3 orang.
4.
Tiap perguruan tinggi
tidak dibatasi mengirimkan delegasi peserta.
5.
Pendaftaran dibuka
hanya untuk 24 (dua puluh empat)
tim peserta pendaftar
pertama.
III.
WAKTU
DAN BIAYA PENDAFTARAN
1.
Pendaftaran mulai
dibuka pada:
Tanggal : 30 Maret 2015 s.d. 30 April 2015.
Tempat :
Depan gedung FKIP, Kampus 1
Universitas Kuningan.
2.
Bagi perwakilan peserta
yang tidak memungkinkan untuk mendaftar langsung, dapat melalui Blog resmi kami
www.himapbsiuniversitaskuningan.blogspot.com.
Dengan mengikuti langkah pendaftaran sebagai berikut :
a.
Kunjungi blog kami.
b.
Lakukan pengisian
formulir yang kami cantumkan pada blog.
c.
Hubungi kontak panitia
:
Dian Ariyandi
089613143826
Ahid Ahidin 087847332817
d.
Melakukan pembayaran
pendaftaran lomba sebesar 50.000/kelompok ke Bank BRI atas nama :
Desi
4135-01-006804-53-4. (Simpan bukti pembayaran)
e.
Bukti pembayaran dan persyaratan
lainnya wajib dibawa pada saat pertemuan teknik.
f. Pendaftaran
sewaktu–waktu dapat ditutup apabila peserta sudah mencapai ketentuan maksimal.
IV.
PERTEMUAN TEKNIK ( Technical Meeting )
1. Tingkat SMA/SMK/MA
a. Setiap peserta yang telah
mendaftarkan diri, diharuskan mengirim perwakilan untuk mengikuti pertemuan
teknik yang akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Rabu, 29 April 2015
Waktu :
08.00 WIB s.d Selesai
Tempat :
Aula FKIP, kampus 1
Universitas
Kuningan.
b.
Setiap
tim diwakili sekurang – kurangnya oleh 1 orang peserta/official dari tim yang
bersangkutan.
c.
Setiap
perwakilan tim diharuskan hadir
selambat-lambatnya 10 menit sebelum acara berlangsung.
1.
KETENTUAN
PESERTA TINGKAT SMA/SMK/MA
1.
Peserta adalah siswa
atau siswi SMA/SMK/MA, dan Mahasiswa yang merupakan perwakilan sekolah masing –
masing.
2.
Persyaratan pendaftaran
yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
a.
Mengisi formulir
pendaftaran.
b.
Mengumpulkan fotokopi
kartu identitas siswa (2 lembar) per - orang.
3.
Setiap kelompok terdiri
dari 3 siswa.
4.
Tiap sekolah tidak
dibatasi mengirimkan delegasi peserta.
5.
Pendaftaran dibuka
hanya untuk 24 (dua puluh empat)
tim peserta pendaftar
pertama.
II. KETENTUAN PESERTA TINGKAT MAHASISWA
1.
Peserta adalah
Mahasiswa yang masih aktif.
2.
Persyaratan pendaftaran
yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut :
c.
Mengisi formulir
pendaftaran.
d.
Mengumpulkan fotokopi kartu
tanda Mahasiswa (2 lembar) per - orang.
3.
Setiap kelompok terdiri
dari 3 orang.
4.
Tiap perguruan tinggi
tidak dibatasi mengirimkan delegasi peserta.
5.
Pendaftaran dibuka
hanya untuk 24 (dua puluh empat)
tim peserta pendaftar
pertama.
III.
WAKTU
DAN BIAYA PENDAFTARAN
1.
Pendaftaran mulai
dibuka pada:
Tanggal : 30 Maret 2015 s.d. 30 April 2015.
Waktu : 09.00 s.d 15.00 WIB.
Tempat :
Depan gedung FKIP, Kampus 1
Universitas Kuningan.
2.
Bagi perwakilan peserta
yang tidak memungkinkan untuk mendaftar langsung, dapat melalui Blog resmi kami
www.himapbsiuniversitaskuningan.blogspot.com.
Dengan mengikuti langkah pendaftaran sebagai berikut :
a.
Kunjungi blog kami.
b.
Lakukan pengisian
formulir yang kami cantumkan pada blog.
c.
Hubungi kontak panitia
:
Dian Ariyandi
089613143826
Ahid Ahidin 087847332817
d.
Melakukan pembayaran
pendaftaran lomba sebesar 50.000/kelompok ke Bank BRI atas nama :
Desi
4135-01-006804-53-4. (Simpan bukti pembayaran)
e.
Bukti pembayaran dan
persyaratan lainnya wajib dibawa pada saat pertemuan teknik.
f. Pendaftaran
sewaktu–waktu dapat ditutup apabila peserta sudah mencapai ketentuan maksimal.
IV.
PERTEMUAN TEKNIK ( Technical Meeting )
1. Tingkat SMA/SMK/MA
d. Setiap peserta yang telah
mendaftarkan diri, diharuskan mengirim perwakilan untuk mengikuti pertemuan
teknik yang akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Rabu, 29 April 2015
Waktu :
08.00 WIB s.d Selesai
Tempat :
Aula FKIP, kampus 1
Universitas
Kuningan.
e.
Setiap
tim diwakili sekurang – kurangnya oleh 1 orang peserta/official dari tim yang
bersangkutan.
f.
Setiap
perwakilan tim diharuskan hadir
selambat-lambatnya 10 menit sebelum acara berlangsung.
g.
Setiap tim yang tidak
mengirimkan perwakilannya (tidak mengikuti pertemuan teknik) dianggap menyetujui
hasil dari pertemuan teknik.
h. Pembagian
nomor urut akan dilakukan pada saat pertemuan teknik (technical meeting).
a. Setiap
peserta yang telah mendaftarkan diri, diharuskan mengirim perwakilan untuk
mengikuti pertemuan teknik yang akan dilaksanakan pada :
Hari/tanggal : Kamis, 30 April 2015
Waktu : 08.00 WIB s.d Selesai
Tempat : Aula FKIP, kampus 1
Universitas Kuningan.
b.
Setiap tim diwakili
sekurang – kurangnya oleh 1 orang peserta/official dari tim yang bersangkutan.
c.
Setiap perwakilan tim
diharuskan hadir selambat-lambatnya 10 menit sebelum acara berlangsung.
d.
Setiap tim yang tidak
mengirimkan perwakilannya ( tidak mengikuti pertemuan teknik ) dianggap
menyetujui hasil dari pertemuan teknik.
i.
Pembagian nomor urut
akan dilakukan pada saat pertemuan teknik.
V. WAKTU PELAKSANAAN LOMBA
1. Tingkat
SMA/SMK/MA
Hari/tanggal : Senin, 4 Mei 2015.
Waktu : 10.00 WIB s.d Selesai.
Tempat : Gedung
Student Center ( SC ) Imam Hidayat &
Aula
FKIP Universitas Kuningan.
2. Tingkat
Mahasiswa
Hari/tanggal : Selasa, 5 Mei 2015.
Waktu :
08.00 WIB s.d Selesai.
Tempat : Gedung Student Center (SC) Imam Hidayat &
Aula
FKIP Universitas Kuningan.
VI. SISTEMATIKA LOMBA
Lomba
terbagi dari 3 babak pertandingan, yaitu :
1.
Babak kualifikasi
2.
Babak perempat final
3.
Babak semifinal
4. Babak
final
VII.
SISTEM
LOMBA
1.
Sistem lomba yang
digunakan dalam lomba debat ini adalah sistem parlemen Asia ( satu lawan satu
).
2.
Setiap tim harus
memperkenalkan anggota kelompoknya dan posisi pembicara.
3.
Perwakilan setiap
kelompok maju kedepan untuk menentukan tim pro dan tim kontra.
4.
Moderator akan
menentukan mosi pada setiap pertandingan dengan cara dikocok.
5.
Setiap tim terdiri dari
3 pembicara : pembicara pertama, kedua dan ketiga.
6.
Setiap tim dapat
melakukan interupsi, dengan toleransi waktu maksimal 30 detik serta dibatasi
hanya 3 kali interupsi oleh setiap kelompok.
7.
Pertandingan dimulai
oleh pembicara pertama tim pro dilanjutkan oleh pembicara pertama tim kontra.
Setelah itu dilanjutkan dengan pembicara kedua tim pro dilanjutkan dengan
pembicara kedua tim kontra. Kemudian dilanjutkan oleh pembicara ketiga tim pro
dilanjutkan oleh pembicara ketiga tim kontra.
8.
Setiap tim memberikan
kesimpulan masing – masing, dimulai dari tim kontra dan dilanjutkan oleh tim
pro.
9.
Waktu kesimpulan adalah
1 menit.
10.
Dalam memaparkan
kesimpulan tim lawan tidak boleh melakukan interupsi.
11. Panitia
memberikan seluruh mosi kepada peserta pada saat ketentuan umum ini diberikan.
Peserta diwajibkan menyusun argumen dari seluruh mosi yang telah disediakan
sebelum pertandingan berlangsung.
12. Siklus
Debat
a. Babak
kualifikasi
|
Tim pro

Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan 60 detik
b.
Tim kontra
Pembicara 1 (4’)
Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan 60 detik
Babak
perempat final
Tim kontra
Pembicara 1 (4’)
Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan 60 detik
|
Tim pro

Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan
60 detik
c.
Babak semifinal
|
Tim pro

Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan 60 detik
d.
Babak final
|
Tim pro

Pembicara 2 (4’)
Pembicara 3 (4’)
Kesimpulan
60 detik
13. Mekanisme
Debat
Jangka waktu yang
dimiliki pembicara dalam menyampaikan argumennya adalah sebagai berikut :
1.
Pada menit pertama,
penjaga waktu (timekeeper) akan
memberikan kode berupa ketukan 1 kali sebagai tanda pertandingan dimulai.
2.
Pada menit kedua,
penjaga waktu akan memberikan kode berupa ketukan sebanyak satu kali sebagai
tanda bahwa interupsi sudah dapat dilakukan.
3.
Pada menit ketiga,
penjaga waktu akan memberikan kode berupa ketukan sebanyak 1 kali sebagai tanda
bahwa waktu interupsi telah habis.
4.
Pada menit keempat,
penjaga waktu akan memberikan kode berupa ketukan sebanyak 1 kali sebagai tanda
bahwa waktu pemaparan argumen telah habis, pada menit keempat lewat tiga detik
penjaga waktu akan memberi kode berupa ketukan terus menerus sampai pembicara
berhenti mengutarakan argumen.
5.
Setiap pembicara wajib
berdiri saat menyampaikan argumen.
VIII.
INTERUPSI
1.
Pada babak kualifikasi,
babak perempat final, babak semifinal, dan babak final, peserta diperkenankan
menyampaikan interupsi diantara menit kedua hingga menit ketiga ketika
pembicara sedang memaparkan argumennya.
2.
Waktu maksimal untuk
menyampaikan interupsi adalah 30 detik.
3.
Interupsi yang melebihi
batas waktu 30 detik akan dihentikan oleh pengatur waktu (timekeeper).
4.
Permohonan iterupsi
wajib dilakukan dengan cara mengangkat tangan mengucapkan “interupsi”.
5.
Interupsi dilakukan
atas izin moderator.
6. Setelah
diberikan izin oleh moderator sebagaimana dimaksud dalam butir 4, interupsi
dilakukan sambil berdiri.
IX.
PENJURIAN
1.
Dewan juri pada babak
kualifikasi terdiri dari 3 ( tiga) orang.
2.
Semua perdebatan dalam
lomba ini akan dinilai dan diputuskan oleh dewan juri.
3.
Penjurian akan
dilakukan dengan memperhatikan 6 aspek, yaitu :
a.
Kesesuaian wawasan
dengan mosi yang telah ditentukan.
b.
Kemampuan
berargumentasi yang logis.
c.
Kemampuan komunikasi
dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
d.
Sikap dan etika
e.
Kerjasama anggota
f.
Bahasa tubuh
4.
Dewan juri memiliki 15 (lima belas)
menit untuk memusyawarahkan hasil tiap perlombaan debat.
5.
Selama dewan juri bermusyawarah,
peserta yang beromba di Aula FKIP Uniku dipersilakan menunggu diluar ruangan
perlombaan.
6.
Dewan juri akan
memberikan evaluasi verbal selama maksimal 10 (sepuluh) menit setelah
bermusyawarah sebagaimana dimaksud dengan butir (5)
7.
Evaluasi verbal
sebagaimana dimaksud dalam butir (6) hanya diberikan pada babak kualifikasi dan
perempat final.
X. MOSI
- Bahasa Indonesia adalah bahasa yang miskin, karena banyak menyerap kosakata bahasa asing dan bahasa daerah.
- Penegakan hukum dan hak asasi manusia di Indonesia masih dinilai lemah.
- Penjiplakan karya di kalangan sivitas akademika adalah bukti bahwa pendidikan di Indonesia masih kurang jika dibandingkan dengan pendidikan di negara lain.
- Pelaku begal harus dihukum mati.
- Maraknya batu akik mempengaruhi pola pikir masyarakat Indonesia ke hal yang mistis.
- Kenaikan harga BBM merupakan tindakan tegas pemerintah dalam meningkatkan perekonomian nasional.
- Pemblokiran sistus keagamaan sebagai antisipasi maraknya radikalisme.
- Kebebasan berekspresi dalam sosial media dapat mempengaruhi psikologi penggunanya.
- Hukum di Indonesia itu tidak memandang siapa pelakunya tapi perbuatannya.
- Bahasa gaul atau prokem perlu dibakukan untuk menambah kosakata Bahasa Indonesia.
XI.
KETENTUAN TEKNIS
1.
Peserta wajib memakai
pakaian khas sekolahnya masing-masing, khusus untuk mahasiswa memakai jas
almamater perguruan tinggi masing-masing atau bisa memakai batik.
2.
Seluruh pertandingan
dilakukan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3.
Setiap peserta wajib
hadir satu jam sebelum pertadingan dimulai dengan melakukan pendaftaran ulang.
4.
Apabila tidak memenuhi
ketentuan butir ketiga maka minimal satu jam sebelum waktu pertandingan wajib
memberi tahu perihal tersebut kepada panitia.
5.
Setiap peserta tidak di
perkenankan membawa catatan dalam bentuk apapun serta tidak dapat menggunakan
perangkat elektronik selama perlombaan debat berlangsung.
6.
Setiap peserta yang terbukti melanggar
ketentuan butir (5) akan didiskualifikasi dalam pertandingan babak tersebut.
7. Setiap
peserta harus memberitahukan urutan pembicara dalam memaparkan argumen kepada
moderator sebelum pertandingan dimulai.
XII. TATA TERTIB
1.
Setiap peserta tidak
diperkenankan meluapkan emosi yang berlebihan selama pertandingan, misalnya
membentak-bentak lawan atau pembicara.
2.
Setiap peserta tidak
diperkenankan melakukan serangan secara pribadi terhadap peserta lainnya selama
pertandingan.
3.
Setiap peserta tidak
diperkenankan menggunakan bahasa kasar, senonoh, atau menyinggung perasaan
lawan bicara.
4.
Setiap peserta tidak
diperkenankan melakukan tindakan yang dapat mengganggu konsentrasi peserta lain
selama pertandingan, misalnya memukul-mukul meja.
5.
Anggota tim pembicara
dapat memberikan sinyal kepada pembicara yang sedang memaparkan argumen
sepanjang sinyal tersebut tidak mengganggu jalannya pertandingan perdebatan.
6.
Pembicara tidak
diperkenankan berkomunikasi verbal dengan rekan timnya selama memaparkan
argumennya.
7.
Selama pertandingan
berlangsung, peserta yang tidak menjadi pembicara diperbolehkan untuk melakukan
diskusi sepanjang tidak mengganggu jalannya perdebatan.
8. Pelanggaran
ketentuan diatas mengakibatkan pengurangan skor.
XIII. PENDUKUNG
1.
Jumlah pendukung
peserta yang diperkenankan untuk menyaksikan jalannya pertandingan tidak dibatasi.
2.
Pendukung dilarang
mengganggu jalannya pertandingan.
3.
Pendukung dilarang
keluar masuk ruangan lomba sepanjang pembicara sedang memaparkan argumennya.
4.
Pendukung yang
melanggar butir dua akan diberikan peringatan hingga dua kali, jika peringatan
diabaikan maka pendukung tersebut akan dikeluarkan dari ruangan lomba.
XIV. PEMENANG
1.
Peserta yang dinyatakan lolos pada babak
kualifikasi oleh dewan juri berhak mengikuti babak perempat final, kemudian
peserta yang dinyatakan lolos pada babak perempatfinal berhak mengikuti babak
semifinal, dan jika lolos berhak mengikuti pertandingan pada babak final untuk
memperebutkan juara I, II dan III.
2.
Hadiah dan penghargaan pada lomba debat
ini berupa:
ü JUARA
I : PIALA,
SERTIFIKAT, dan
UANG
PEMBINAAN
ü JUARA
II : PIALA,
SERTIFIKAT, dan UANG PEMBINAAN
ü JUARA
III : PIALA, SERTIFIKAT, dan UANG PEMBINAAN
ü Bagi
peserta yang terpilih menjadi pembicara terbaik akan mendapatkan beasiswa dari
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia apabila peserta tersebut
mendaftar ke Universitas Kuningan dan memilih program studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar